Saya mencoba merentang benang terkusutkan, daripada suatu saat tambah susah diuraikan, dan mencoba mengurainya dengan rasa cinta dan bangga saya kepada budaya tradisi suku saya yakni Batak toba. tanpa ada maksud menyalahkan dan membenarkannya, namun hanya maksud mengabarkan bahwa ada ulasan seorang tokoh yang bernama:
Claude Mariottini, seorang profesor Perjanjian Lama di Northern Baptist Seminary sejak tahun 1988. Dan lahir di Brasil. Llulus dari California Baptist College, Golden Gate Baptist Seminary, The Southern Baptist Seminary, dan telah melakukan kerja lulusan tambahan di Graduate Theological Union. Dia gembala di gereja-gereja di California, Kentucky, Missouri dan Illinois. Beliau telah menerbitkan lebih dari 150 artikel dan resensi buku dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Rusia. Karya-karya akademisnya telah diterbitkan dalam The Anchor Bible Dictionary, The Mercer Dictionary of the Bible, The Holman Bible Dictionary, Alkitab Yahudi Quarterly, Perspektif dalam studi Agama, Alkitab Illustrator, Abstracts Perjanjian Lama, Catholic Biblical Quarterly, The Journal of Biblical Literature, dan Alkitab. Adapun tulisan beliau tentang Suku Israel yang hilang adalah sebagai berikut: a
Found: A Lost Tribe of Israel
(Found: Suku yang Hilang Israe)
A few weeks ago, a group of people who live in Mizoram, a state located in the north-east section of India, bordering Burma and Bangladesh, went through a process of conversion and because Jews. The process of conversion included a ritual bath known as the Mikvah, circumcision for the men, and the recitation of the Shema: “Hear, O Israel: the Lord our God, the Lord is one” (Deuteronomy 6:4). The population of Mizoram is about 800,000 people. Most of them are Christians, but there are 5,000-8,000 people who claim to be Jews. According to their claim, they are the descendants of the lost tribe of Manasseh. They call themselves Bnei Menashe or “the Children of Manasseh.” These Mizo Jews say their ancestors were deported by the Assyrians at the time of the conquest of the Northern Kingdom(Ada sekelompok orang yang tinggal di Mizoram, sebuah wilayah yang terletak di bagian timur laut India, berbatasan dengan Burma dan Banglades, pergi melalui proses konversi dan karena orang-orang Yahudi. Proses konversi termasuk mandi ritual yang dikenal sebagai Mikvah, sunat bagi laki-laki, dan Membaca Shema: "Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan Allah kita, Tuhan adalah satu" (Ulangan 6:4). Mizoram jumlah penduduk sekitar 800.000 orang. Kebanyakan dari mereka adalah Kristen, tetapi ada 5,000-8,000 orang-orang yang mengklaim dirinya sebagai orang Yahudi. Menurut klaim mereka, mereka adalah keturunan dari suku Manasye yang hilang. Mereka menyebut diri Bnei Menashe atau "Anak-anak Manasye." Orang-orang Yahudi berkata Mizo nenek moyang mereka dideportasi oleh orang-orang Asyur pada saat penaklukan Kerajaan Utara.)
The deportation of the ten tribes that formed the Northern Kingdom of Israel is a fact. When Tiglath-pileser III became king of Assyria in 745 B. C., he established a policy of permanent conquest. Assyria reinforced this policy with brutal reprisal in case of revolts. The king of Assyria carried out the policy of total conquest by means of violence, pain, and suffering. At the beginning of his reign, Tiglath-pileser reintroduced the policy of mass deportation. The policy of mass deportation would force the conquered people to move in large numbers to other parts of the empire. The aim of deportation was to prevent the possibility of internal revolt by the vanquished people. In order to confront the threat posed by the imperialistic dreams of Tiglath-pileser, the Northern Kingdom of Israel and the Arameans (Syria) formed an alliance to fight against the Assyrians. Ahaz, king of Judah, was invited to join the coalition, but he refused. Because of Ahaz’s refusal to join the alliance to fight against Assyria, the joint armies of Israel and Syria besieged Jerusalem with the intent of deposing Ahaz and placing on the throne of Judah another person who would be willing to fight the Assyrians. Ahaz, in panic, sent messengers to Tiglath-pileser asking for military help. He paid a tribute to Assyria by using the gold and silver from the temple and from the royal treasury, and asked for military assistance. In response to Ahaz's invitation, Tiglath-pileser came to Palestine to help Judah.
(Deportasi dari sepuluh suku yang membentuk Kerajaan Utara Israel adalah sebuah fakta. Ketika Tiglath-pileser III menjadi raja Asyur pada 745 SM, ia menetapkan kebijakan penaklukan permanen. Asyur kebijakan ini diperkuat dengan pembalasan yang brutal dalam kasus pemberontakan. Raja Asyur melaksanakan kebijakan dari total penaklukan dengan cara kekerasan, kesakitan, dan penderitaan. Pada awal masa pemerintahannya, Tiglath-pileser memperkenalkan kembali kebijakan deportasi massal. Kebijakan deportasi massal akan memaksa orang-orang yang ditaklukkan untuk bergerak dalam jumlah besar ke bagian lain dari kekaisaran. Tujuan deportasi adalah untuk mencegah kemungkinan pemberontakan internal oleh orang-orang yang kalah. Dalam rangka menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh mimpi imperialistik Tiglath-pileser, Kerajaan Utara Israel dan Arameans (Suriah) membentuk aliansi untuk memerangi orang-orang Asyur. Ahas, raja Yehuda, diundang untuk bergabung dalam koalisi, tapi ia menolak.
Karena Ahas menolak untuk bergabung dengan aliansi untuk melawan Asyur, pasukan gabungan Israel dan Suriah mengepung Yerusalem dengan maksud memecat Ahas dan menempatkan di atas takhta Yehuda orang lain yang akan bersedia untuk melawan Asyur. Ahas, panik, mengirim utusan ke Tiglath-pileser meminta bantuan militer. Dia membayar upeti kepada Asyur dengan menggunakan emas dan perak dari Bait Allah dan dari perbendaharaan kerajaan, dan meminta bantuan militer. Sebagai tanggapan atas undangan Ahas, Tiglath-pileser datang ke Palestina untuk membantu Yehuda.)
Tiglath-pileser invaded Syria, killed Rezin, king of the Arameans, and deported the people of Syria to Kir (2 Kings 16:8-9). Tiglath-pileser also conquered several cities in Galilee and Naphtali, deporting some of the people to Assyria. The Bible says: “In the days of King Pekah of Israel, King Tiglath-pileser of Assyria came and captured Ijon, Abel-beth-maacah, Janoah, Kedesh, Hazor, Gilead, and Galilee, all the land of Naphtali; and he carried the people captive to Assyria” ( 2 Kings 15:29). As for the tribe of Manasseh, the Bible says: “So the God of Israel stirred up the spirit of Pul king of Assyria (that is, Tiglath-Pileser king of Assyria), who took the Reubenites, the Gadites and the half-tribe of Manasseh into exile. He took them to Halah, Habor, Hara and the river of Gozan, where they are to this day” (1 Chronicle 5:26). Several years after the death of his father, Shalmaneser V, the son of Tiglath-pileser conquered all the cities of the Northern Kingdom. He then besieged Samaria, the capital of the Northern Kingdom, for three years. Just before Samaria fell to Assyria, Shalmaneser V was killed in battle. With the death of Shalmaneser, Sargon II, his brother, became king of Assyria. Sargon finished the conquest of Samaria in 722 B.C. and deported 27,290 inhabitants to other parts of the Assyrian empire. The Bible says: “In the ninth year of Hoshea the king of Assyria captured Samaria; he carried the Israelites away to Assyria. He placed them in Halah, on the Habor, the river of Gozan, and in the cities of the Medes” (2 Kings 17:6).
(Tiglath-pileser menyerang Suriah, membunuh Rezin, raja Arameans, dan dideportasi rakyat Suriah untuk Kir (2 Raja-raja 16:8-9). Tiglath-pileser juga menguasai beberapa kota di Galilea dan Naftali, mendeportasi beberapa orang untuk Asyur. Alkitab mengatakan: "Pada zaman Raja Pekah dari Israel, Tiglath-pileser Raja Asyur datang dan menangkap ijon, Abel-beth-maacah, Janoah, Kedesh, Hazor, Gilead dan Galilea, seluruh tanah Naftali, dan ia membawa orang-orang tawanan ke Asyur "(2 Raja-raja 15:29). Sedangkan suku Manasye, Alkitab mengatakan: "Jadi, Allah Israel menimbulkan semangat Pul raja Asyur (yaitu, Tiglath-Pileser raja Asyur), yang mengambil Ruben, yang Gad serta separuh suku Manasye ke pengasingan. Dia membawa mereka ke Halah, Habor, Hara dan sungai Gozan, di mana mereka sampai hari ini "(1 Chronicle 5:26). Beberapa tahun setelah kematian ayahnya, Shalmaneser V, putra Tiglath-pileser menaklukkan semua kota-kota Kerajaan Utara. Dia kemudian mengepung Samaria, ibukota Kerajaan Utara, selama tiga tahun. Tepat sebelum Samaria jatuh ke Asyur, Shalmaneser V tewas dalam pertempuran. Dengan kematian Shalmaneser, Sargon II, saudaranya, menjadi raja Asyur. Sargon selesai penaklukan Samaria pada 722 SM 27.290 penduduk dan dideportasi ke bagian lain dari kekaisaran Asyur. Alkitab mengatakan: "Pada tahun kesembilan Hoshea raja Asyur merebut Samaria; ia membawa orang Israel pergi ke Asyur. Dia menempatkan mereka di Halah, di Habor, sungai Gozan, dan di kota-kota di Medes "(2 Raja-raja 17:6).
After the people of Israel arrived in Assyria, families and clans were scattered throughout the empire and from this point on they moved from place to place and apparently lost contact with each other through assimilation into Assyrian culture. The disappearance of these deported people gave rise to the legend of the Lost Ten Tribes of Israel. The concept of the “Lost Ten Tribes of Israel” is very controversial. The basic idea refers to the disappearance of the ten tribes of the Northern Kingdom of Israel. The people who lived in the cities of Israel and the inhabitants of Samaria, its capital, were deported to different parts of the Assyrian empire and blended in with other people and cultures present in Assyrian society and then disappeared from the pages of history. Over the years, many groups have made claims that they are the remnants of the Lost Ten Tribes of Israel. Among these are some tribal people of Afghanistan, the Jews of the Sahara, and some people in China, Egypt, and Iran. In this country, Herbert W. Armstrong, the founder of the Radio Church of God, believed that the Anglo-Saxons, the Scandinavians, and the Germanic peoples are the living descendants of the Lost Ten Tribes of Israel. The Mormon Church, also known as the Church of Jesus Christ of Latter-day Saints, believes that the restoration of the Ten Lost Tribes will be in North America. The 10th article of the Mormon’s Articles of Faith states: “We believe in the literal gathering of Israel and in the restoration of the Ten Tribes; that Zion (the New Jerusalem) will be built upon this continent [the Americas].”
(Setelah bangsa Israel tiba di Asyur, keluarga dan marga-marga yang tersebar di seluruh kerajaan dan dari titik ini pada mereka pindah dari satu tempat ke tempat lain dan tampaknya kehilangan kontak dengan satu sama lain melalui asimilasi ke budaya Asiria. Lenyapnya orang-orang dideportasi ini melahirkan legenda Hilang Sepuluh Suku Israel.
Konsep "Hilang Sepuluh Suku Israel" sangat kontroversial. Ide dasarnya mengacu pada hilangnya sepuluh suku dari Kerajaan Utara Israel. Orang-orang yang tinggal di kota-kota Israel dan penduduk Samaria, ibukotanya, dideportasi ke berbagai bagian dari kekaisaran Asiria dan membaur dengan orang lain dan budaya yang ada di masyarakat Asiria dan kemudian menghilang dari halaman sejarah. Selama bertahun-tahun, banyak kelompok telah membuat klaim bahwa mereka adalah sisa-sisa Hilang Sepuluh Suku Israel. Di antaranya adalah beberapa suku rakyat Afghanistan, orang-orang Yahudi dari Gurun Sahara, dan beberapa orang di Cina, Mesir, dan Iran. Di negeri ini, Herbert W. Armstrong, pendiri Radio Gereja Allah, percaya bahwa Anglo-Saxon, Skandinavia, dan bangsa-bangsa Jermanik adalah keturunan hidup Orang Hilang Sepuluh Suku Israel. Gereja Mormon, yang juga dikenal sebagai Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, percaya bahwa pemulihan Sepuluh suku akan hilang di Amerika Utara. Pasal 10 Mormon's Articles of Faith menyatakan: "Kami percaya literal pengumpulan Israel dan dalam pemulihan Sepuluh suku; bahwa Sion (Yerusalem Baru) akan dibangun di atas benua ini [Amerika].")
Are the Mizo Jews the descendants of the lost tribe of Manasseh? Jewish scholars are divided over the claims of the Bnei Menashe. A report by an anthropologist claiming that there are similarities between the rituals of the Jewish people prescribed in Leviticus and the cultic practices of the Mizo Jews has provided a ray of hope for those who claim that the Mizo Jews are one of the Lost Ten Tribes of Israel. Genetic studies have not demonstrated a link between the Mizo Jews and the Jews of Israel. Both the Mitochondrial DNA, passed from mother to child, and the Y-chromosomal Aaron, the supposed chromosome that all descendants of Aaron should share, have not established an ethnic relationship between the two groups. As for the claims of the Mizo Jews, the decision has been made. The Chief Rabbinate of Israel has declared that the people who live in Mizoram and claim to be descendants of the tribe of Manasseh are indeed the lost tribe of Manasseh. The rabbinical court has given its blessing to the claims of the Mizo Jews. The process of conversion is complete and now, under the laws of return, these new Jews will soon immigrate to Israel and, for the first time in 3,000 years, enjoy the blessing of living in the Promised Land. The lost tribe of Manasseh has been found. Or so they say! Claude Mariottini Professor of Old Testament Northern Baptist Seminary
(Apakah orang Yahudi Mizo keturunan dari suku Manasye yang hilang? Sarjana Yahudi dibagi atas klaim dari Bnei Menashe. Sebuah laporan oleh seorang antropolog mengklaim bahwa ada kesamaan antara ritual orang-orang Yahudi yang ditetapkan dalam Imamat dan praktek-praktek pemujaan orang-orang Yahudi Mizo telah memberikan secercah harapan bagi mereka yang menyatakan bahwa orang Yahudi Mizo adalah salah satu dari Sepuluh Suku Hilang Israel. Penelitian genetik belum menunjukkan hubungan antara Mizo orang Yahudi dan orang-orang Yahudi Israel. Baik DNA mitokondria, lulus dari ibu ke anak, dan Y-kromosom Harun, seharusnya kromosom bahwa semua keturunan Harun harus berbagi, belum membuat hubungan etnis antara dua kelompok. Adapun klaim orang Yahudi Mizo, keputusan telah dibuat. Kepala Kerabian Israel telah menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di Mizoram dan mengklaim sebagai keturunan dari suku Manasye yang hilang memang suku Manasye. Para rabbi pengadilan telah memberikan berkat kepada klaim Yahudi Mizo. Proses konversi selesai dan sekarang, di bawah hukum kembali, orang-orang Yahudi baru ini akan segera berimigrasi ke Israel dan, untuk pertama kalinya pada 3.000 tahun, menikmati berkat yang tinggal di Tanah yang Dijanjikan. Hilang suku Manasye telah ditemukan. Atau begitu mereka katakan! Claude Mariottini Profesor Perjanjian Lama Northern Baptist Seminary)
Dibawah ini akan kita paparkan ulasan dan uraian tentang Orang Batak toba adalah suku Israel yang hilang, yang belakangan ini cukup banyak blog mengutipnya, dari kenyataan ini dapat kita yakini bahwa cukup intusias masyarakat Batak ingin mengetahui isi paparan ini.
Batak Toba, Keturunan Israel Yang Hilang
Batak Toba, Keturunan Israel Yang Hilang Bangsa Israel kuno terdiri dari 12 suku. Setelah raja Salomo wafat, negara Israel pecah menjadi dua bagian. Bagian Selatan terdiri dari dua suku yaitu Yehuda dan Benjamin yang kemudian dikenal dengan nama Yehuda, atau dikenal dengan nama Yahudi. Kerajaan Selatan ini disebut Yehudah, ibukotanya Yerusalem, dan daerahnya dinamai Yudea. Bagian utara terdiri dari 10 suku, disebut sebagai Kerajaan Israel. Dalam perjalanan sejarah, 10 suku tersebut kehilangan identitas kesukuan mereka. Kerajaan utara Israel tidak lama bertahan sebagai sebuah negara dan hilang dari sejarah. Konon ketika penaklukan bangsa Assyria, banyak orang Kerajaan Utara Israel yang ditawan dan dibawa ke sebelah selatan laut Hitam sebagai budak. Sebagian lagi lari meninggalkan asalnya untuk menghindari perbudakan. Sementara itu Kerajaan Yehudah tetap exist hingga kedatangan bangsa Romawi. Setelah pemusnahan Yerusalem pada tahun 70 oleh bala tentara Romawi yang dipimpin oleh jenderal Titus, orang-orang Yehudah pun banyak yang meninggalkan negerinya dan menetap di negara lain, terserak diseluruh dunia. Jauh sebelum itu, ketika masa pembuangan ke Babilon berakhir dan orang-orang Yehudah atau disebut Yahudi diijinkan kembali ke negerinya, dan sepuluh suku Israel dari Kerajaan utara memilih tidak pulang tetapi meneruskan petualangan kearah Timur. Demikian juga dengan mereka yang diperbudak di selatan laut Hitam, setelah masa perbudakan selesai, tidak diketahui kemana mereka pergi melanjutkan hidup.
2 comments:
Untuk yg namanya Batak Toba saya pesimis tapi kalau beberapa orang dari mereka mungkin saja, hubungan dengan dunia luar orang sumatera memang punya sejarah yang cukup sangat jauh. Sipat orang israel terkenal susah berbaur dan sulit diatur, pertanyaannya apa orang Batak bisa berbaur degan mereka baik itu bertetangga Rumah maupun wilayah ?, apa orang Batak mau dikuasai sebuah suku pelarian yang jauh dari rumah dan lemah kekuatannya ? Banyak yg jadi pertanyaan dan kesimpulannya saya yakin sebelum mereka sampai ke sumatera ini mereka harus berjuang menghadapi penguasa2 dalam perjalanan mereka baik di darat maupun di laut, sisanya setelah sampai di daratan sumatera mungkin saja habis di makan Orang Batak dengan bumbu Jeruk nipis dan Cabai Merah karena melakukan kejahatan mencuri ataupun berzinah.
bisa saja anda berpendapat begitu namun kaum intelektual tidak mungkin memberi pandangannya dengan menyisipkan kata kata bersinggungan meskipun iseng, bangsa ini perlu toleransi karena kita memasukiwilayah sensitive yakni etnis dan sara
Post a Comment