Footer Widget #4

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Wednesday, August 28, 2013

Sejarah RSPAD Gatot Soebroto (2 - habis)

 
Masa kepemimpinan Dr.Djailani relatif pendek dan tanggal 12 April 1993 jabatan Ka RSPAD diserah terimakan kepada KOLONEL Dr. BONDAN HARIONO, SpM.
Kolonel Dr. Bondan Hariono, SpM.

Dibawah kepemimpinan dr. Bondan titik berat pada kesejahteraan personel, kepada setiap karyawan diberikan tanda simpati dari Pimpinan antara lain berupa uang untuk modal tabungan pada Bank Bukopin, meskipun tidak besar tetapi cukup memberikan kesan yang mendalam, selain itu juga Kupon cukur dimana dengan kupon ini setiap personel dapat potong rambut di Unit Cukur Primkopad maupun Salon di RSPAD.
Pada tahun 1994, RSPAD mendapat kehormatan dengan adanya kunjungan kerja Kasad (Jenderal TNI Wismoyo Arismunandar) serta memperoleh tambahan fasilitas kendaraan dinas untuk antar jemput personel. RSPAD juga berhasil menggalang kebersamaan sesama Balakpus / Kotama TNI AD dan atas dasar kebanggaan akan RSPAD hampir seluruh Balakpus membangun prasasti di halaman taman RSPAD. Pada tahun 1994 tercipta lagu Hymne RSPAD yang liriknya ditulis oleh PNS Drg.Lely Bondan. Selain itu suasana kerja di RSPAD menjadi lebih menyenangkan karena tercipta adanya kebersamaan antara Pimpinan dan Warga RSPAD Gatot Soebroto.
Pada pertengahan tahun 1995, RSPAD mendapat bantuan Presiden berupa pembangunan unit penunggu pasien "Wisma Bermis" yang ditujukan bagi keluarga pasien yang harus menunggu dan memerlukan tempat istirahat. Bagi mereka yang membutuhkan dan menginap disini dikenakan biaya pemeliharaan bangunan.
Pada periode ini juga dibentuk Unit Penitipan Anak (TPA) yang kemudian diberi nama Wahana Bina Balita. Pembentukan unit ini sangat berkaitan dengan pengakuan RSPAD sebagai Rumah Sakit sayang bayi dan mendapatkan Penghargaan Nasional serta pengakuan dari WHO. Dengan adanya Unit Penitipan Anak, Karyawati RSPAD yang mayoritas dapat bekerja dengan lebih baik dengan tetap memberikan ASI kepada bayinya karena selama bekerja bayi berada dilingkungan RSPAD. Dengan bantuan Ibu Menteri Sosial (Inten Suweno) dan Kodam Jaya dibangun Unit Penitipan Anak 2 lantai.

Brigjen Dr. R. Paul
4 April 1995 - 4 April 1997

Pada tanggal 28 April 1995 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan kepada BRIGJEN TNI Dr. H. RICHARD PAUL, SpAn., Pada akhir tahun 1995 diresmikan Unit Perawatan Paru (Jantung Paru), Unit Keswa dan Asrama Putra serta gedung penunggu pasien "Wisma Bermis". Pada era kepemimpinan Dr.Richard Paul dilakukan adanya peningkatan mutu pelayanan, yakni dengan melakukan penyempurnaan buku-buku petunjuk pelaksanaan pelayanan, SOP Medis dan mengikuti Akreditasi untuk 5 Jenis pelayanan yang meliputi ; Administrasi dan manajemen, Rekam Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Medik dan Pelayanan Asuhan Keperawatan.
Oleh Tim Surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) RSPAD dinyatakan lulus dengan predikat ter-Akreditasi Penuh untuk 3 tahun (sampai Januari 2000).
Pada ulang tahun RSPAD ke 45 tahun 1995, diterbitkan buku kenangan 45 tahun Perjalanan Pengabdian RSPAD Gatot Soebroto.
Brigjen TNI Dr.Richard Paul mendapat promosi jabatan menjadi Kapusrehabcat Dep.Hankam dan menyerahkan tongkat kepemimpinan RSPAD kepada Kolonel CKM Dr. SUYAKA SUGANDA, Sp.OG pada tanggal 4 April 1997.

Brigjen Dr. Suyaka Suganda .A-
April 1997 - 1 Mei 1998
Era pembangunan fisik dalam arti pembangunan unit / bangunan baru pada kurun waktu ini mengendor. Penataan fisik berupa relokasi unit unit yang merupakan show window RSPAD serta perbaikan sarana perawatan antara lain Unit Medical Check Up, Instalasi Farmasi serta Bank Darah RSPAD Gatot Soebroto (bekerja sama dengan PMI DKI Jaya). Penyempurnaan manajemen Yankesmasum dengan menyempurnakan Struktur Organisasi Pavilyun Kartika, Pavilyun Darmawan dan unit Yanmasum lainnya. Selain itu juga dibentuk Tim Pengembangan Yankesmasum yang merupakan pembantu Ka RSPAD dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan Yankesmasum di RSPAD Gatot Soebroto.
Pada kurun waktu ini pula penyempurnaan manajemen juga lebih intensif antara lain dengan dibentuknya Costumer Service guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Konsep validasi organisasi RSPAD dibahas lebih inten dengan menyusun Orgas RSPAD yang lebih mampu menjawab tantangan tugas kedepan dengan mencantumkan adanya Jabatan Fungsional disamping Jabatan Struktural yang telah lazim. Dan untuk menjamin kelancaran pembinaan jabatan fungsional juga disusun konsep Buku Petunjuk tentang Jabatan Fungsional yang saat ini telah disampaikan kepada Pimpinan TNI untuk mendapat pengesahan.
Brigjen TNI Dr.Suyaka Suganda harus merelakan konsepsinya yang belum selesai untuk dilanjutkan oleh penerusnya KOLONEL CKM Dr.EDY HARHARUN Sp.PD, karena mendapat promosi menduduki jabatan sebagai Dirkesad.
Kolonel CKM Dr.Edy Herharun Sp.PD

Konsep yang ditinggalkan Brigjen Dr.Suyaka, pada masa kepemimpinan Dr. Edy Harharun yang relatif singkat hampir semuanya mendekati tuntas. Konsep validasi Organisasi yang merupakan hal yang paling mendesak dapat diselesaikan dan siap diajukan kepada supra sistem untuk dilakukan Uji Teori. Demikian pula dengan pelaksanaan akreditasi Rumah Sakit tingkat lanjutan untuk 12 jenis pelayanan yang sukses dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit yang dilaksanakan beberapa hari sebelum Dr.Edy Harharun menyerahkan tugas jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto kepada Kolonel CKM Dr.A.Suharto Sp.BD. MARS. Dan berkat kerja keras seluruh jajaran Rumah Sakit RSPAD lulus dan dinyatakan ter-Akreditasi penuh oleh Departemen Kesehatan RI, penyerahan Sertifikat Akreditasi dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2000.
Brigjen TNI Dr.Edy Harharun menyerahkan tongkat kepemimpinan RSPAD kepada penggantinya KOLONEL CKM DR.A.SUHARTO pada tanggal Nopember 1999.
Brigjen Dr. A. Suharto, SpBD. MARS
16 Nopember 1999 - 26 Juni 2000

Brigjen TNI Dr.A.Suharto merupakan Ka RSPAD Gatot Soebroto dengan masa tugas terpendek dalam kurun waktu 50 tahun dengan masa tugas 7 bulan. Dalam masa kepemimpinan yang pendek ini Konsep validasi organisasi RSPAD Gatot Soebroto selesai dituntaskan dengan selesai Uji Teori III dan telah mendapat persetujuan Pimpinan TNI AD yang insya Allah akan segera ditanda tangani. Selain itu terjadi suatu perkembangan baru yang diharapkan akan membawa RSPAD Gatot Soebroto menjadi Rumah Sakit Pendidikan yakni dengan ditetapkannya Kepala RSPAD sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" dengan Surat Keputusan Kasad.
Dibidang manajemen juga dilakukan berbagai penyempurnaan, khususnya Organisasi Tim Pengembangan Yankesmasum yang ditingkatkan kewenangannya menjadi Pembinaan Yankesmasum
Pada tanggal 26 Juni 2000 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen TNI Dr.A.Suharto Sp.BD, MARS kepada KOLONEL CKM Dr.KRISMANTO PRAWIROSUMARTO Sp.RM, selanjutnya Brigjen TNI Dr.A.Suharto menduduki jabatan baru sebagai Dirkesad
Brigjen Dr. Krismanto PS, Sp.RM
26 Juni 2000 – 23 Oktober 2000
Pada tanggal 23 Oktober 2000 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen TNI dr.Krismanto Prawirosumarto, Sp.RM kepada Brigjen TNI dr.Adib Abdullah Yahya, MSc
 
Brigjen Dr.Adib Abdullah Yahya, MSc
23 Oktober 2000 – 18 Juli 2002
Pada tanggal 18 Juli 2002 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen TNI dr.Adib Abdullah Yahya, MSc kepada Brigjen TNI dr.Buddy HW Utoyo selanjutnya Brigjen TNI dr.Adib Abdullah Yahya, MSc menduduki jabatan baru sebagai Dirkesad
 
Brigjen TNI dr.Buddy HW Utoyo
18-07-2002 s.d 18 Juli 2003

Pada tanggal 18 Juli 2003 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen TNI dr.Buddy HW Utoyo kepada Brigjen TNI dr.Mardjo Subiandono, Sp.B selanjutnya Brigjen TNI dr.Buddy HW Utoyo menduduki jabatan baru sebagai Dirkesad
 
 Brigjen TNI Dr.Mardjo Subiandono, Sp.B
18-07-2003 S.D 28 Oktober 2005
Pada tanggal 28 Oktober 2005 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen TNI dr.Mardjo Subiandono, Sp.B kepada Brigjen TNI dr. Djoko Riadi, Sp.B selanjutnya Brigjen TNI dr. Mardjo Subiandono menduduki jabatan baru dokter Tim Presiden Republik Indonesia.
 
Brigjen TNI dr.. Djoko Riadi, Sp.B
18-07-2003 s.d 28 Oktober 2005

Pada tanggal 23 Juni 2008 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen TNI dr. Djoko Riadi, Sp.B kepada Brigjen TNI dr. Supriyantoro, Sp.P selanjutnya Brigjen TNI dr.Djoko Riadi, Sp.B menduduki jabatan baru menjadi Dirkesad.
 
 Brigjen TNI dr. Supriyantoro, Sp.P
23 Juni 2 008 s.d 8 Maret 2010

Pada tanggal 08 Maret 2010 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari., Brigjen TNI dr. Supriyantoro, Sp.P kepada Brigjen dr Chairunan Basbullah MARS selanjutnya Brigjen TNI dr. Supriyantoro, Sp.P menduduki jabatan baru sebagai DIRKESAD
 
Brigjen TNI dr. Chairunan Basbullah MARS
08 Maret 2010 s.d 30 Juli 2010
Pada tanggal 30 Juli 2010 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen dr Chairunan Basbullah., kepada Brigjen dr Dedy Achdiat Dasuki Sp. M selanjutnya Brigjen TNI dr. Chairunan Basbullah MARS .menduduki jabatan baru sebagai DIRKESAD
Brigjen TNI dr. Dedy Achdiat Dasuki Sp. M
30 Juli 2010 s.d 01 Oktober 2010

Pada tanggal 01 Oktober 2010 jabatan Ka RSPAD Gatot Soebroto diserah terimakan dari Brigjen dr Dedy Achdiat Dasuki Sp. M., kepada Brigjen Ckm dr. Komaruddin Boenjamin Sp. U selanjutnya. Brigjen dr Dedy Achdiat Dasuki Sp. M menduduki jabatan baru sebagai DIRKESAD
Brigjen TNI dr. Komaruddin Boenjamin Sp. U
01 Oktober 2010 s.d sampai saat ini

No comments: